mFish, Aplikasi Canggih Untuk Para Nelayan

PT XL Axiata Tbk, yang merupakan salah satu perusahaan provider terkemuka di Indonesia, merasa terpanggil untuk ikut mendukung misi pemerintah guna menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, maka pada tanggal 23 Desember 2015 yang lalu XL Axiata meluncurkan aplikasi mFish guna mmbantu para nelayan untuk menjalankan profesinya.
Untuk itu XL Axiata bekerjasama dengan pemda Pamekasan guna menyukseskan program bertajuk “Sinergi mFish dan Perikanan yang Berkelanjutan.”  
Pada kesempatan ini secara simbolis Wakil Bupati Pamekasan, Kholil Asyari, menyerahkan  perangkat pendukung aplikasi mFish kepada perwakilan nelayan di Pamekasan. Untuk saat ada 110 orang nelayan yang telah mendapatkan bantuan paket aplikasi mFish tersebut, dan bisa langsung dipakai untuk memandu mereka dalam menjalankan profesinya sebagai nelayan.
Kerjasama serupa segera akan dilakukan dengan dua pemerintah kabupaten di Madura lainnya. Kerjasama ini merupaka wujud dari implementasi program pemanfaatan sarana digital mFish kepada masyarakat nelayan di 6 desa wilaya kabupaten di Madura.
Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish dengan gratis biaya paket data selama 6 bulan. Paket tersebut berisi handset dengan aplikasi mFish di dalamnya, paket data sebesar 1GB/bulan, serta alat pengisi batere tenaga surga. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.
Apakah itu aplikasi mFish?
Aplikasi mFish adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti  arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, serta lokasi keberadaan plankton. mFish juga membantu nelayan dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan  pelestarian lingkungan.
Aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Lombok dan Bali. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di Madura.
Desy Sari Dewi, selaku Vice President East Region XL, mengatakan, “Alhamdulillah, implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat terwujud, sesuai komitmen kami untuk mendukung masyarakat Madura dalam memajukan daerah melalui implementasi sarana telekomunikasi dan teknologi digital. Kami berharap, aplikasi mFish, mampu membantu masyarakat Pamekasan dalam  meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang berarti akan meningkatkan kualitas hidup.”
Dari sisi jaringan, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Madura. Hal ini terbukti dari loyalitas masyarakat Madura yang menggunakan XL. Di pulau penghasil Garam ini, XL adalah operator dengan jumlah pengguna terbanyak, yaitu sekitar 1,37 juta pelanggan. Total ada 795 BTS di seuluruh Madura, dan sebanyak 380 di antaranya adalah BTS 3G.
Setelah Kabupaten Pamekasan, akan segera menyusul  Pemkab Bangkalan dan Pemkab Sumenep. Totalnya tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL berharap, penggunaan sarana digital ini akan terus meluas.
Melalui kerjasama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat bisa mendapatkan data riil dari nelayan. Mencakup harga ikan, jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Agar nelayan mampu menggunakan peralatan digital tersebut secara efektif tim XL  menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk elakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektivitasnya.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Tri Wahyuningsih
GM Corporate Relation & Communication Management XL 
Telp      : 0817 113369
Email    : Triwahyu@xl.co.id
Semoga program ini bisa meningkatkan tarap hudup nelayan pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Amin

Komentar